29 Agu 2014

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Baru saja kubuka salah satu kitab sakti. Kitab yang biasanya aku buka untuk mencari kata-kata yang sulit kupahami. Aku ingin mencari makna tentang kata-kata yang baru saja kau bisikkan saat percakapan di telepon tadi. Dua kata yang terdengar sederhana, namun rumit adanya.

"Aku akan mengatakannya sekali ini saja. Jadi dengarkan aku baik-baik." Ucapmu dengan nada gugup yang terlalu kentara. Aku diam saja. "Aku mencintaimu." ucapmu tanpa ragu. Namun terasa ambigu.

Lalu aku meminta untuk menyudahi percakapan lebih cepat dari biasanya. Kamu hanya mengiyakan dengan isyarat akan harapan.

Ya. Saat itulah aku beranjak dari tempatku. Mengambil kitab sakti itu: Kamus Besar Bahasa Indonesia. Lalu mencari kata 'cinta' di sana.


cinta (1) suka sekali; sayang benar
men·cin·tai (n) menaruh kasih sayang kepada; menyukai

Oh. Jadi cinta itu artinya suka sekali. Mencintai itu artinya menaruh kasih sayang. Lalu, suka sekalinya itu seberapa banyak? Berapa banyak kadar suka agar dapat disebut cinta?

Seharusnya itu menjadi pertanyaan mendasar, bukan? Berapa banyak kadar suka agar dapat terbilang cinta? Mungkin saja, kamu terburu-buru mengukur kadar sukamu, dan terburu-buru mengatakannya padaku.

Akan lebih bijaksana bila, ketika kamu menyukai seseorang..kamu
tidak terburu-buru menghitung kadarnya sehingga tidak terjebak dalam kesemuan suka yang sementara. Tapi nampaknya tidak semudah itu mengatur perasaan, tidak semudah itu mengatur hasrat. Tapi alangkah lebih indahnya pengutaraan cinta itu jatuh di saat yang tepat, di pemahaman yang tepat.
Ya. Setidaknya itulah yang aku harapkan.
 
Sragen, 29 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar